Review Kinsta, Hosting Handal Berkualitas Premium

Mungkin WordPress sudah tidak asing lagi bagi Anda yang memang berniat untuk menggunakan web hosting. WordPress memang menjadi salah satu pilihan karena kualitasnya yang bisa dikatakan terpercaya dan bisa direkomendasikan. Bagi Anda yang memerlukan website dengan kebutuhan yang sederhana dengan trafik yang tidak terlalu tinggi, mungkin WordPress hosting biasa sudah cukup.

Namun pernahkah Anda mengalami permasalahan karena website terus loading dan melambat? Atau mungkin bisa jadi permasalahan berupa website yang down? Bisa jadi dikarenakan website yang Anda pakai sudah tidak cukup sehingga memerlukan kapasitas yang lebih besar. Bila tidak diubah maka akan berdampak pada produktivitas serta pendapatan.

Solusi yang biasa dipakai biasanya dengan membuat website dengan VPS Cloud sehingga performa website akan menjadi lebih baik. Pemilik website dapat melakukan upgrade untuk hosting dengan VPS.

Salah satu Cloud hosting yang bisa Anda pakai adalah Kinsta. Kinsta memang dikenal dengan kelebihannya yaitu cepat dan stabil.

Sebetulnya terdapat beragam pilihan lainnya untuk provider dengan kebutuhan web trafic yang tinggi. Namun bagi Anda yang menargetkan pengunjung berasal dari negara Indonesia, memang Kinsta dirasa lebih cocok.

Servernya yang berada di Singapore serta infrastruktur skala Internasional menjadi hal yang dipertimbangkan sebelum Anda memilih hosting yang satu ini.

Profile Singkat Kinsta

Kinsta merupakan perusahaan penyedia hosting dan platform bentuk WordPress. Keunikan dari Kinsta memang terletak pada produk yang ditawarkan. Bila layanan hosting lain menyediakan pengelolaan hosting dari beragam form, maka Kinsta cukup berfokus pada WordPress saja. Kinsta mendapat dukungan dari salah satu penyedia infrastruktur terbaik internasional, yaitu Google Cloud.

Hosting bentukan Mark Gavalda pada tahun 2013 silam ini sudah mulai populer. Meski tergolong baru, didukung dengan infrastruktur Google Cloud membuat Kinsta cukup dikenal dengan layanan maksimal. Kantor Kinsta berpusat di London, Budapest serta Los Angeles. Karena Kinsta berfokus hanya pada pengelolaan laman WordPress, maka Google sendiri yang membuat dan mengelola infrastrukturnya.

Data server Kinsta tersebar dalam 22 lokasi, yaitu di LA, Oregan, Lowa, Montreal, Virginia, S. Carolina, Sao Paulo, Belanda, London, Belgia, Hamina, Frankfurt, Zurich, Mumbai, Osaka, Tokyo, Mumbai, Taiwan, Hongkong, Sydney serta Singapura. Hal ini menjadi kelebihan dari Kinsta karena menyediakan tingkat jaringan yang premium dan dipercaya oleh perusahaan besar seperti Philips dan Bestbuy.

Baca juga: daftar hosting luar negeri terbaik

Paket Hosting Kinsta Beserta Harga

Ada 4 paket hosting Kinsta yang bisa dipilih, yaitu Starter, Pro, Business, serta Enterprise. Untuk paket Starter dan Pro hanya ada masing-masing 1 pilihan. Starter berharga 30 dollar per bulannya untuk memperoleh 1 wordpress dengan space 10GB. Sedangkan untuk paket Pro, dengan harga 60 dollar per bulan pelanggan mendapatkan 2 WordPress dan space 20GB.

Untuk paket Business, ada 4 pilihan yang bisa dipilih. Business 1 seharga 100 dollar per bulan untuk 5 WordPress. Business 2 dapat dibeli dengan harga 200 dollar tiap bulan untuk 10 WordPress dan Business 3 dengan harga 300 dollar per bulan dengan produk 20 WordPress. Untuk mendapatkan 40 WordPress, bisa memilih Business 4 dengan harga 400 dollar per bulan.

Bila memerlukan paket lebih besar, bisa memilih paket Enterprise. Enterprise 1 dengan 60 WordPress serta 100GB space berbiaya 600 dollar per bulan. Enterprise 2 dengan 80 WordPress serta 150GB space berbiaya 900 dollar per bulan. Enterprise 3 seharga 1200 dollar per bulan dengan 120 WordPress serta 200GB space. Terakhir enterprise 4 berbiaya 1500 dollar per bulan untuk 150 WordPress serta 250GB space.

Layanan Kinsta Lainnya

Tidak sama seperti penyedia layanan hosting lainnya, Kinsta tidak menyediakan layanan lain seperti pembelian domain atau email hosting. Mereka memang memiliki visi dan komitmen untuk hanya berfokus pada hosting web yaitu hanya WordPress. Hal tersebut dipilih supaya Kinsta dapat menjadi penyedia layanan terbaik khususnya di industri hosting.

Namun karena didukung oleh Google, maka untuk kebutuhan email mereka merekomendasikan G Suite. Kinsta juga menyediakan control panel custom agar lebih fokus memaksimalkan website WordPress. Bahkan, Kinsta juga menyediakan plugin backup premium, seperti BackupBuddy dan UpdraftPlus secara gratis dan tersedia dalam semua paket sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan WordPress.

Layanan lain yang akan Anda dapatkan adalah Managed WordPress Hosting Kinsta sebagai partner Anda. Jadi ketika website WordPress Anda mendapatkan masalah, maka akan ditangani oleh WordPress Expert yang profesional dan berpengalaman. Selain itu, Kinsta juga menyediakan layanan CDN terbaik, yaitu KeyCDN untuk meningkatkan performance dan kecepatan website. Proses migrasi dari hosting lama pun akan dibantu oleh Kinsta.

Kelebihan Kinsta

Performance yang optimal memang menjadi keunggulan kinsta. Sebagai penyedia layanan hosting web, Kinsta memiliki waktu uptime yang cepat. Kemungkinan untuk downtime juga sangat kecil mungkin kurang dari 1%. Waktu respon Kinsta juga dapat dikatakan sebagai server paling cepat bila dibandingkan dengan yang lainnya serta tetap stabil meski ada lonjakan pengunjung dalam waktu yang sama.

Berbeda dengan server lain yang memakai cPanel, Kinsta membuat produk sendiri dengan desain yang cantik serta mudah penggunaannya. Selain itu WordPress Anda dapat lebih maksimal menggunakan beragam fitur yang lengkap. Fitur-fitur yang tersedia akan memudahkan dalam mengelola web serta akan membuat lebih produktif. Faktor keamanan dan garansi juga menjadi keunggulan dari Kinsta.

Kinsta juga didukung langsing oleh para ahli WordPress Hosting. Segala permasalahan mengenai website Anda dapat dikelola oleh para ahlinya secara langsung. Dengan konsultasi kepada mereka secara langsung, mereka akan memberikan bantuan siaga 24 jam. Melalui chat live, mereka memberikan saran serta langkah-langkah yang tepat dalam penanganan permasalahan website Anda.

Kekurangan Kinsta

Kinsta bukanlah provider yang tepat bagi para pemula yang memang mencari produk dengan harga terjangkau. Memang perlu diakui bahwa produk hosting yang ditawarkan oleh Kinsta cukup mahal untuk pemula. Untuk 1 website saja Anda harus membayar setidaknya 30 dollar setiap bulannya. Kinsta juga membatasi bandwith. Mereka memang tidak menggunakan istilah bandwith namun monthly visit.

Untuk pembayaran internasional, biasanya akan dipermudah dengan metode pembayaran Paypal. Namun hingga saat ini Kinsta hanya menerima pembayaran melalui Visa Card maupun Prepaid Master. Anda dapat menggunakan Payoneer yang memang aman, atau memakai VCN dari BNI Syariah untuk pembayaran yang lebih mudah.

Kelemahan lainnya dari Kinsta adalah produk hosting yang tidak variatif, yaitu menggunakan WordPress saja. Jadi mereka tidak bisa melayani pejualan domain seperti provider hosting lainnya. Namun Anda dapat membeli domain di tempat lain kemudian mengarahkan nameserver domain pada namesever Kinsta. Kinsta juga tidak mempunyai layanan email hosting, jadi perlu adanya third party dalam mengirim email.

Kinsta merupakan pilihan yang bisa direkomendasikan untuk kebutuhan performance yang tinggi. Bila Anda berniat untuk fokus hanya dalam pengembangan website dan malas untuk mengelola hosting, maka bisa memakai Kinsta. Namun perlu diingat, Kinsta tidak cocok untuk para pemula serta pengguna dengan low-budget. Jadi Kinsta tidak cocok untuk bisnis penjualan online karena didesain untuk para developer.

Rendi Supratman