Review Domainesia Terbaru 2020

Memilih hosting yang murah dan berkualitas itu gampang-gampang susah. Banyak penyedia hosting Indonesia yang menawarkan paket hosting yang terjangkau harganya, spesifikasi bagus, dan (katanya) paling bagus.

Lalu bagaimana dengan hosting dari Domainesia?

Profil Singkat Domainesia

Nama Domainesia tidak terdengar baru di dalam industri hosting Indonesia. Secara otomatis penyedia hosting ini sudah memiliki pengalaman dalam memberikan layanan kepada pelanggannya. Domainesia sendiri diketahui berdiri dari tahun 2009 silam. Artinya Domainesia menangani hosting sudah sekitar 11 tahun lamanya.

Tentu hal tersebut membuktikan bahwa Domainesia sebagai penyedia layanan hosting yang patut untuk dipertimbangkan banyak orang. Tidak tanggung-tanggung, hingga saat ini Domainesia sudah berhasil melayani lebih dari 50.000 pelanggan. Menariknya pelanggan setianya tersebar dari penjuru Indonesia hingga mancanegara.

Domainesia memusatkan perusahaannya di Yogyakarta. Tepatnya kantor Domainesia berada di Sleman. Dalam hal lokasi server Domainesia memberikan banyak pilihan kepada pelanggannya. Terdapat lima pilihan data center yang dapat Anda jadikan alternatif. Salah satu data centernya di Jakarta untuk pelanggannya kawasan Indonesia.

Sementara empat lainnya berada di Singapura, Tokyo, London dan Dallas. Menariknya lagi, beragam pilihan data center tersebut memiliki variasi harga yang sama. Hingga saat ini pengguna setia Domainesia mengklaim layanan hosting tersebut termasuk terjangkau. Terlebih dengan hadirnya teknologi SSD pada semua layanan paket hostingnya.

Lihat Domainesia disini

Simak: rekomendasi hosting terbaik Indonesia

Paket Hosting Domainesia Beserta Harga

Domainesia membagi layanan hosting ke dalam dua variasi pilihan paket. Keduanya adalah paket hosting murah dan khusus bisnis. Dalam paket hosting murah masih terbagi lagi ke dalam tiga pilihan harga. Pertama yaitu paket extra yang dihargai Rp16.00 per bulan.

Paket tersebut sudah termasuk ruang penyimpanan 750mb, unlimited email dan bandwidth serta free 5 website. Paket kedua dinamai super dengan harga Rp32.000 per bulan. Paket ini menawarkan kapasitas penyimpanan 2bg, unlimited email, bandwidth, website, akses SSH dan gratis domain. Ketiga yaitu layanan paket monster.

Pada paket monster pelanggan hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp64.000 per bulan. Layanan di dalamnya meliputi ruang penyimpanan sebesar 5bg, unlimited bandwidth, website, email, gratis domain dan akses SSH. Sementara itu untuk layanan profesional hosting bisnis terbagi ke dalam empat pilihan.

Keempatnya adalah Mikro, Mega, Giga dan Exa. Untuk mikro harga layanannya dari Rp80.000 per bulan. Sementara paling tinggi dipegang oleh layanan hosting bisnis Exa. Harga paket hosting Exa mencapai Rp640.000 per bulan. Harga tersebut sudah termasuk layanan untuk beberapa fitur.

Baca juga: review Ziehost

Layanan Domainesia Lainnya

Tidak hanya memberikan layanan utama berupa hosting murah dan versi bisnis saja. Domainesia juga memberikan layanan tambahan guna membantu Anda mengontrol sebuah website. Anda masih dapat memilih layanan tambahan berupa VPS. Pada layanan tersebut terbagi ke dalam empat pilihan harga dan ruang penyimpanan.

Ruang penyimpanan yang tersedia mulai dari 512mb sampai 24bg. Sementara harga yang diberikan dimulai dari Rp100.000 per bulan. Sementara itu apabila Anda ingin mendapatkan performa layanan VPS tinggi cukup mengeluarkan dana sebesar Rp4.800.000 per bulan. Terdapat tiga kelebihan pada layanan VPS tersebut.

Pertama, yaitu spin instance dan deploy membantu Anda mengakses root kurang dari 40 detik. Kedua basis intance dengan menggunakan penyimpanan SSD. Hal tersebut bermanfaat untuk meningkatkan performa dan IOPS tinggi. Ketiga yaitu penggunaan teknologi tinggi intel xeon E5 yang memberikan performa komputasi tinggi.

Memang belum diketahui apakah Domainesia juga memberikan dedicated server pada pelanggannya. Namun, sejauh ini Domainesia memberikan sertifikat SSL tanpa batas dan gratis domain untuk paket pilihannya. Sementara email hosting sendiri sudah masuk ke dalam fitur pada beberapa paket layanan bisnis.

Lihat Domainesia disini

Lihat juga: review Jogjahost

Kelebihan Domainesia

Berbicara mengenai kelebihan, Domainesia unggul dalam data center. Pasalnya Domainesia memiliki data center tier 3 di Gedung Cyber 1 Jakarta. Hal tersebut sangat mendukung bagi Anda yang ingin mendapatkan akses cepat. Terutama untuk situs yang memiliki pengunjung mayoritas dari dalam negeri.

Tidak hanya itu, akses super cepat tersebut didukung dengan total bandwidth sekitar 1gbps. Transfer data tanpa batasan tersebut sangat cocok untuk mendukung website dengan trafik pengunjung tinggi. Kelebihan selanjutnya dapat Anda lihat pada fitur-fitur yang dihadirkan oleh Domainesia dalam setiap paketnya.

Layanan web hosting yang diberikan Domainesia sudah mendukung beragam fitur untuk pengembangan situs. Misalnya developer friendly yang dilengkapi dengan Git, SSH, Node.js dan Composer. Tidak hanya itu saja server yang dijalankan sudah teroptimasi dengan kecepatan tinggi. Hal tersebut disertai fitur keamanan tinggi.

Perihal keamanan, Domainesia menggunakan teknologi anti malware. Fungsinya untuk mencegah adanya peratasan data website. Domainesia juga memberikan akses migrasi server secara gratis. Hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang sudah lebih dulu menggunakan server lama. Bahkan migrasi tersebut dilakukan tanpa adanya biaya tambahan.

Simak juga: review Jetorbit

Kekurangan Domainesia

Meski unggul dalam sistem keamanannya, sayangnya Domainesia masih tercatat memiliki kekurangan. Seperti catatan uptime yang kurang bagus. Dalam beberapa pengujian yang dilakukan oleh pelanggannya tercatat waktu uptime yang cenderung tidak bagus. Pengujian catatan uptime bahkan dilakukan selama 10 bulan terakhir.

Dalam pengujian tersebut, Domainesia tidak berhasil memberikan waktu uptime yang bagus. Bahkan justru tercatat downtime dengan angka yang lumayan besar. Total downtime yang tercatat selama pengujian 10 bulan terakhir sebanyak 172 kali. Bila dihitung berdasarkan jam downtime Domainesia mencatatkan waktu cukup fantastis.

Total downtime sekitar 8 jam lamanya. Tentu hal tersebut perlu diperhatikan kembali. Pasalnya downtime dalam waktu yang lama menyebabkan situs Anda tidak dapat dijangkau pengunjung. Anda pun tidak dapat mengakses laman website. Saat downtime besar Anda juga tidak dapat melakukan aktivitas bisnis lewat website.

Meski masih mempunyai kekurangan dalam hal uptime tersebut, namun Domainesia tetap dapat dipertimbangkan. Apalagi harga terjangkau yang diberikan kepada penggunanya. Ini menjadi keunggulan tersendiri di era persaingan bisnis web hosting. Anda pun masih dapat mengelola website bisnis dan pribadi dengan harga hosting murah dari Domainesia.

Rendi Supratman