Review Dapur Hosting Terbaru 2020

Ada banyak provider web hosting di Indonesia, salah satunya yaitu Dapur Hosting. Dapur Hosting adalah web host yang berbasis di Kota Jakarta.

Dapur Hosting memiliki beberapa pilihan paket hosting seperti hosting murah, hosting premium, email hosting, reseller hosting, serta layanan server dedicated dan colocation.

Server yang tersedia di Dapur Hosting sendiri yaitu server Indonesia dan USA. Anda dapat memilih server sesuai kebutuhan dan target pasar. Paket yang tersedia di Dapur Hosting dapat digunakan untuk berbagai pilihan CMS seperti WordPress, Joomla, Opencart, Pretashop, dan lainnya.

Berikut adalah review lengkap seputar Dapur Hosting.

Paket Hosting Dapur Hosting Beserta Harga

Dari layanan Dapur Hosting ini, penggunanya bisa memilih beberapa paket yang telah disediakan. Mereka tinggal menyesuaikan dengan kebutuhannya, lalu perhatikan harga pada setiap paketnya.

1. Paket A

Paket hosting murah pertama yaitu Paket A yang dapat Anda gunakan dengan biaya Rp100.000 per tahun. Fitur yang tersedia antara lain penyimpanan atau storage sebesar 300 MB, limit bandwidth 5 GB, dan 1 addon domain. Anda dapat memilih hosting dengan server Indonesia maupun USA.

2. Paket B

Paket hosting murah dari Dapur Hosting yang kedua yaitu Paket B. Harga Paket B dibanderol Rp200.000 per tahun. Sementara fitur yang akan Anda peroleh antara lain penyimpanan disk space 500 MB, bandwidth 10 GB, dan 3 addon domain. Server yang tersedia untuk pengguna Paket B adalah server Indonesia dan USA.

3. Paket C

Paket C dibanderol dengan harga Rp300.000 per tahun. Dengan biaya tersebut, Anda akan memperoleh berbagai fitur seperti penyimpanan disk space kapasitas 1 GB, 20 GB bandwidth, dan 5 addon domain. Paket ini juga tersedia untuk server Indonesia dan server USA. Control panel yang digunakan yaitu cPanel.

4. Paket D

Paket hosting murah dengan spesifikasi fitur tertinggi yaitu Paket D. Harga Paket D adalah Rp400.000 per tahun. Sementara fitur yang tersedia antara lain penyimpanan disk space dengan kapasitas 2 GB, 50 GB bandwidth, dan 10 addon domain. Anda dapat memilih antara server Indonesia atau server USA sesuai kebutuhan.

5. Paket Hosting Premium

Selain paket hosting murah, Dapur Hosting menyediakan paket hosting premium bagi Anda yang memerlukan sumber daya lebih besar. Ada 3 macam paket premium yaitu Bronze seharga 1 juta per tahun, Silver seharga Rp2 juta per tahun, dan Gold seharga 3 juta per tahun. Semua paket didukung unlimited bandwidth.

Simak juga: daftar hosting lokal terbaik

Layanan Dapur Hosting Lainnya

Dapur Hosting memiliki layanan yang ditawarkan pada penggunanya. Anda perlu memahami beberapa layanan di bawah ini dari Dapur Hosting.

1. Email Hosting

Untuk memaksimalkan performa mail perusahaan, Dapur Hosting menyediakan layanan email hosting. Paket email hosting yang tersedia yaitu 3 macam, paket DMAIL 1 dan DMAIL 2. Harga yang ditawarkan mulai Rp750.000 sampai Rp1.500.000 per tahun dengan maksimal 2.000 akun email. Storage DMAIL 1 50 GB sedangkan DMAIL 2 120 GB.

2. Dedicated Server

Anda dapat menggunakan server secara penuh serta melakukan konfigurasi dan kustomisasi secara leluasa dengan menggunakan layanan dedicated server dengan garansi uptime 99.5%. Ada 2 paket dedicated server milik Dapur Hosting yang bisa Anda sewa. Paket Mini Server dengan biaya sewa Rp1.250.000 dan paket Xeon Server dengan biaya sewa Rp2.250.000.

3. Colocation Server

Colocation server dari Dapur Hosting diperuntukkan bagi Anda yang telah memiliki server namun belum tahu hendak menyimpannya dimana. Dapur Hosting melayani penyimpanan server Anda di data center khusus di Gedung IDC D3, Jakarta. Harga paket colocation server bervariasi mulai Rp950.000 hingga Rp1.350.000 per bulan.

4. Reseller Hosting

Dapur Hosting membuka kesempatan bagi Anda untuk menjalankan bisnis web hosting secara mandiri. Tak harus memiliki server sendiri, Anda dapat memperoleh penghasilan dengan menjadi reseller hosting. Ada beberapa paket yang tersedia yaitu paket R1, R2 R3, R4, dan R5. Paket reseller hosting dibanderol mulai Rp65.000 hingga Rp525.000 per bulan.

Lihat juga: review Masterweb

Kelebihan Dapur Hosting

Kelebihan dari menggunakan jasa Dapur Hosting ini tentu menarik pelanggan yang telah menggunakannya. Berikut kelebihan yang akan didapat pengguna Dapur Hosting.

1. Layanan Support Cukup Baik

Dapur Hosting mengklaim bahwa mereka menyediakan layanan support 7×24 jam. Ini merupakan indikasi bahwa Dapur Hosting mengutamakan kebutuhan user khususnya jika mengalami kendala dalam menjalankan website. Customer service pun memberikan layanan yang cukup responsif dan memuaskan. Namun, fitur live chat yang tersedia tidak berjalan 24 jam.

2. Page Load Time Cepat

Salah satu tolok ukur kualitas hosting dapat dilihat dari kecepatan server. Meskipun Dapur Hosting tidak secara tegas menjanjikan kecepatan page load, namun ternyata kecepatannya terbilang baik. Dengan begitu, pengunjung situs Anda tidak akan terganggu karena proses loading halaman yang lama.

3. Tersedia Trial Hosting

Salah satu kelebihan Dapur Hosting yang jarang dimiliki web hosting lain adalah menyediakan trial hosting selama 7 hari. Fitur trial hosting ini antara lain 150 MB space, cPanel, 150 MB bandwidth, MySql, PhpMyAdmin, Softaculous Auto-Installer, dan FTP access. Lokasi server untuk trial hosting ini yaitu di Indonesia.

4. Garansi 30 Hari

Seperti provider hosting pada umumnya, Dapur Hosting juga memberikan garansi kepada penggunanya. Lama waktu garansi yang diberikan yaitu 30 hari. Jika tidak sesuai garansi, maka Anda bisa melakukan refund. Namun, alangkah baiknya Anda memahami syarat garansi dan refund agar klaim Anda tidak ditolak.

Simak juga: review Dewabiz

Kekurangan Dapur Hosting

Meski memiliki banyak kelebihan, Dapur Hosting masih harus memperbaiki beberapa layanannya. Karena masih ada beberapa kekurangan yang ditemukan seperti di bawah ini.

1. Uptime Dipertanyakan

Dalam situs resminya, Dapur Hosting memberikan garansi uptime 99.9%. Namun kenyataan di lapangan tidak selalu sesuai. Catatan rata-rata uptime Dapur Hosting tidak selalu mencapai angka 99.9%. Akan tetapi, diharapkan Dapur Hosting melakukan sejumlah perbaikan agar performa uptime bisa lebih baik dan meningkat.

2. Tidak Tersedia Pembayaran Bulanan

Banyak penyedia web hosting memberikan kebijakan pembayaran bulanan baik itu 3 bulan, 6 bulan, bahkan 1 bulan. Akan tetapi Dapur Hosting tidak memiliki kebijakan ini. Anda diharuskan melakukan pembayaran minimal 1 tahun baik untuk paket murah maupun premium. Namun Anda dapat memanfaatkan layanan trial hosting sebelum membeli paket.

3. Keterbatasan Sumber Daya untuk Paket A

Paket A adalah paket hosting dengan harga termurah. Akan tetapi ketersediaan sumber daya yang ada sangat terbatas yakni hanya 300 MB dengan 5 GB bandwidth. Kapasitas ini tentunya kurang memadai untuk website toko online Anda. Namun, untuk website personal kapasitas tersebut tidak terlalu bermasalah.

Baca juga: review Jetdino

Dapur Hosting adalah hosting yang berpusat di Jakarta. Dapur Hosting hadir memberikan berbagai layanan hosting maupun server yang memudahkan Anda dalam mengelola website.

Perhatikan setiap kelebihan dan kekurangannya sebelum menetapkan pilihan pada Dapur Hosting agar tidak menyesal di kemudian hari.

Rendi Supratman