Rekomendasi Hosting Luar Negeri Terbaik (Tahun 2020)

Platform daring berbasis web pada umumnya memiliki konten dengan melibatkan banyak media di dalamnya. Bahkan, berkas seperti video, gambar, ataupun audio memerlukan ruang khusus untuk disimpan.

Keistimewaan tersebut tidak lain berasal dari hosting luar negeri terbaik yang sering digunakan beberapa pemilik situs.

Berbicara mengenai hosting luar negeri terdapat berbagai pilihan. Namun dari sisi kualitas dan kelengkapan fitur layanan, pengguna harus lebih selektif dalam memilih. Sebab ada banyak aspek yang menjadi pertimbangan, seperti tingkat kestabilan, kecepatan, reputasi perusahaan dan sebagainya.

Rekomendasi Hosting Luar Negeri Terbaik

  1. Namecheap
  2. Hawkhost
  3. A2Hosting
  4. Green Geeks
  5. SiteGround
  6. FastComet
  7. Stablehost
  8. WPX Hosting
  9. Hostinger
  10. InMotion
  11. Bluehost
  12. DreamHost
  13. Liquid Web
  14. KnownHost
  15. Geek Storage

Berikut di bawah ini adalah penjelasan beserta review singkat dari daftar hosting luar negeri di atas. Silahkan anda simak langsung saja.

1. Namecheap

Namecheap merupakan perseroan dikenal kiprahnya sebagai bidang jasa pendaftaran, penjualan domain website. Perusahaan ini sudah terakreditasi oleh organisasi nirlaba dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers. Maka dari itu menjadi salah satu layanan yang direkomendasikan bagi pengguna.

Namecheap didukung dengan banyak keistimewaan dalam menawarkan layanannya kepada konsumen. Seperti gratis migrasi hosting, biaya jasa transparan, konsultasi dengan pakar lewat obrolan dan berbagai pilihan seperti WordPress, shared, reseller,vps,email, dedicated hosting dan lain-lain.

Dari berbagai fitur tersebut disediakan pilihan paket seperti paket utama, pemula, bisnis skala kecil dan skala besar. Bahkan dari sisi harga cukup bervariasi hingga disediakan potongan sampai 100%. Biaya layanan dalam kurs rupiah mulai Rp. 20.000 sampai dengan Rp. 677.000 bergantung pada opsi paket.

2. Hawkhost

Hawkhost merupakan layanan hosting dengan memiliki pusat data sebagian besar berada di USA. Sedangkan sebagian lainnya berada di Belanda, Kanada, Hongkong dan Singapura. Ada beberapa fitur hosting perangkat lunak yang ditawarkan seperti WordPress, Magento, Drupal dan sebagainya.

Berbagai kelebihan lainnya dari layanan ini antara lain jaminan uang kembali, kestabilan waktu online, mendukung operasional selama 24 jam penuh serta memiliki reputasi dan pengalaman yang baik. Selain itu tidak dikenakan biaya migrasi, ditenagai oleh perangkat SSD dan CloudFlare sudah teroptimisasi.

Pengguna pada umumnya diberi dua pilihan layanan yakni Paket Primary dan Professional. Rentang biaya dalam kurs rupiah dimulai dari Rp. 41.456 sampai Rp. 110.781. Cukup terjangkau meskipun opsi paket web hosting tidak terlalu banyak, hal ini terbayarkan dengan fitur-fitur yang memuaskan.

Baca selengkapnya review Hawkhost

3. A2Hosting

Layanan A2hosting dapat dikatakan memiliki berbagai fasilitas yang lengkap. Bila ditinjau dari lokasi server, letaknya berada di Amerika Serikat, UK, Kanada, Perancis Australia, Malaysia, Indonesia dan masih banyak lagi. Pilihan tersebut dapat diambil oleh pengguna ketika menggunakan jasa hosting ini.

Apabila dilihat dari kelebihannya, A2hosting menawarkan layanan migrasi akunan gratis, jaminan uang kembali, tingkat kestabilan waktu online yang tinggi, dukungan operasional selama 24 jam penuh, dan kecepatan memuat halaman. Beberapa jenis hosting yang ditawarkan oleh A2hosting antara lain:

  • Web Hosting
  • Shared Hosting
  • WordPress Hosting
  • Managed WordPress Hosting
  • Reseller Hosting
  • VPS Hosting
  • Cloud VPS Hosting
  • Managed VPS Hosting
  • Email Hosting

Masing-masing penerapan hosting tersebut memiliki variasi paket yang terdiri atas 1-Sites. 3-Sites, Unlimited khususnya untuk tipe Managed WordPress Hosting. Dibanderol dengan rentang biaya layanan dalam satuan rupiah mulai dari Rp. 166.228 sampai dengan Rp. 512.689 (perhitungan kurs Rp. 13.863).

4. GreenGeeks

Layanan hosting luar negeri GreenGeeks berpusat di Californa, Amerika Serikat. Penyedia web hosting ini telah menangani sebanyak 40.000 lebih pelanggan, 500.000 situs dan telah berkiprah selama 12 tahun. Dari sisi pengalaman, perusahaan ini jelas tidak diragukan lagi jam terbangnya.

Lebih menariknya lagi GreenGeeks menuai banyak penghargaan, seperti Best Green Hosting 2010, Top Web Host 2012, Top VPS Host. Juga termasuk salah satu perusahaan swasta yang paling cepat bertumbuh. Layanannya terdiri atas WordPress, VPS, reseller dan web hosting.

Khusus untuk layanan web hosting, pilihan paket yang ditawarkan kepada pengguna antara lain Lite, Pro dan Premium. Biaya bulanannya dibanderol dengan rentang harga Rp. 40.898 sampai dengan Rp. 165.674 (perhitungan kurs Rp. 13.863). Cukup terjangkau dengan dilengkapi beragam fitur bermanfaat.

5. SiteGround

SiteGround adalah jasa penyedia web hosting. Beroperasi selama 16 tahun dan berpusat di Sofia, Bulgaria. Siteground telah menangani hosting sebanyak 2.000.000 domain dalam skala global. Didukung pengalaman dan jam terbang yang tinggi tidak salah apabila pengguna menggunakan layanan ini.

Beberapa keistimewaan ketika menggunakan jasa SiteGround antara lain penyimpanan data terdistribusi dengan perangkat SSD, Kecepatan jaringan yang tinggi, pembaruan energi secara total dan ditenagai oleh Google Cloud. Selain itu layanan ini menggunakan tingkat keamanan dengan enkripsi SSL.

Pilihan paket disediakan bervariasi dan dapat dipilih oleh pengguna mulai dari StartUp, GrowBig hingga GoGeek. Rentang biaya tiap bulannya mulai dari Rp. 54.762 hingga Rp. 165.674 (kurs Rp. 13.863). Fitur-fitur di dalamnya mencakup basis data tanpa batas, backup harian, SSL gratis dan masih banyak lagi.

6. FastComet

Hosting luar negeri terbaik lainnya adalah FastComet yang berpusat di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Dikatakan terbaik sebab perusahaan ini berani membandingkan dirinya dengan instansi serupa dan belum lama ini berhasil memenangkan penghargaan sebagai Best Host Advice 2019.

FastComet dikatakan terbaik bukan tanpa alasan sebab memiliki beberapa keunggulan seperti gratis dalam migrasi, jaminan uang kembali 100%, ditenagai oleh cPanel, Cloudflare CDN tanpa biaya, penyimpanan SSD cloud, bebas transfer domain, backup harian atau mingguan dan lain-lain.

Keunggulan lainnya terlihat dari biaya layanan yang terjangkau dengan harga Rp. 40.898 per bulan. Pelanggan sudah mendapatkan berbagai fitur seperti firewall aplikasi web, respon obrolan cepat, pemindaian malware, enkripsi keamanan data, berbagai pilihan lokasi server dan lain-lain.

7. Stablehost

Stablehost memulai kiprahnya sejak tahun 2009 dengan menyediakan layanan seperti web, dedicated, VPS dan reseller hosting. Keistimewaan dari perusahaan ini adalah menyediakan bandwidth tanpa batas, perlengkapan berkualitas tinggi, kecepatan memuat halaman, menambah domain dan akun email baru.

Pilihan paket terdiri dari Starter, Pro dan Platinum khususnya untuk web hosting. Dibanderol mulai dari Rp. 24.261 sampai dengan Rp. 388.052 (kurs 13.863). Beberapa fitur yang didapatkan oleh pelanggan antara lain kapasitas penyimpanan dan bandwidth tanpa batas serta dukungan operasi selama 24 jam.

Selain itu dari sisi pemberian fitur penanganan script, jaminan tingkat pelayanan, proteksi DDos, koneksi database MySQL turut diberikan pada semua kategori paket tersebut. Stablehost tidak jarang mengadakan penawaran potongan harga dalam periode waktu tertentu bagi para pelanggan global.

8. WPX Hosting

Salah satu penyedia hosting luar negeri terbaik adalah WPX Hosting. Tampilan situs daringnya terlihat memanjakan mata dan cukup responsif untuk diakses. Jenis pelayanannya mencakup WordPress hosting dan penjualan domain untuk sistem berbasis web. Ada tiga kategori opsi paket yang dapat dipilih.

Kategori paket terdiri atas business, professional dan elite. Jangka waktu berlangganan meliputi bulanan dan tahunan dengan biaya bervariasi. Tipe bisnis dibanderol mulai dari Rp. 346.460 per bulannya. Selain itu ditetapkan nominal tarif lebih kecil yakni Rp. 288.786 (kurs per 1 dolar Rp. 13.863).

Sedangkan untuk dua kategori paket lainnya tentu lebih meningkat lagi biaya layanannya. Keistimewaan ketika berlanggan WPX Hosting adalah website pelanggan diberi proteksi DDos, pemindaian dan penghapusan Malware, jaminan uang kembali, kecepatan respon selama 24 jam penuh dan sebagainya.

9. Hostinger

Hostinger berkiprah sejak tahun 2004 dan mampu bertahan sampai saat ini menjadi salah satu penyedia hosting terbaik dan terpercaya. Saat ini jumlah pelanggannya sudah mencapai 29 juta orang tersebar di 178 negara termasuk Indonesia. Logo perusahaan menggunakan huruf “H” sebagai identitasnya.

Hostinger merupakan layanan hosting asal Lithuania namun sudah memiliki pengalaman mendunia. Bahkan di Indonesia saja, perusahaan ini memiliki pusat server. Maka tidak heran bila situs daringnya sendiri tersedia dalam bahasa Indonesia. Pelanggan di Tanah Air banyak menggunakan jasa ini.

Pilihan paketnya sendiri terdiri atas web hosting single, premium dan bisnis. Bahkan dari segi tarif, pelanggan di Indonesia dapat memiliki fasilitas ini dengan harga murah. Sebab biaya minimum hanya dibanderol seharga Rp. 13.850 per bulannya. Ditambah dengan program promosi mencapai 90%.

10. InMotion

Layanan hosting luar negeri yang tidak kalah populer lainnya adalah InMotion. Menyediakan keperluan untuk WordPress, shared dan VPS hosting. Perusahaan ini bersertifikasi CNET 17 tahun dan mendapat nilai A+ dari Biro Bisnis untuk Regional Amerika Serikat dan Kanada.

Keistimewaan yang didapat ketika pelanggan menggunakan jasa hosting ini adalah kecepatan memuat halaman situs karena didukung dengan perangkat SSD dan custom server caching. Selain itu, untuk pengamanan sistem disediakan proteksi berupa DDos, SSL, custom firewall dan sejenisnya.

Ada empat pilihan paket ketika pengguna ingin berlanggan lewat InMotion antara lain WordPress, VPS, dedicated dan shared hosting. Biaya per bulannya diberi harga senilai Rp. 98.090 hingga Rp. 420.849 (kurs per 1 dollar Rp. 14.033) bergantung pada pilihan paket yang diambil oleh pelanggan.

11. Bluehost

Sesuai dengan namanya penyedia hosting memperlihatkan dominasi warna biru pada halaman situsnya. Sudah beroperasi sejak tahun 2003, dapat dikatakan bahwa Bluehost termasuk dalam jajaran layanan berpengalaman. Bahkan lebih dari 2 juta web mendapat service dari perusahaan ini.

Jam terbang juga tentunya sudah lebih panjang mengingat perusahaan asal Utah, Amerika Serikat ini terhitung selama 17 tahun berkiprah. Terdapat tiga jenis layanan yang ditawarkan kepada pelanggan, antara lain shared, dedicated dan VPS hosting. Ketiganya dihadirkan dalam pilihan paket berbeda.

Paket shared hosting dibanderol dengan harga Rp. 41.397, VPS hosting Rp. 266.486 dan dedicated hosting sebesar Rp. 1.122.499 (kurs 1 dolar Rp. 14.033). Fiturnya mencakup akses root secara penuh pada kendali tambahan, dashboard pengguna yang mudah digunakan, dukungan kinerja dan keamanan.

12. DreamHost

DreamHost merupakan penyedia hosting asal California, Amerika Serikat. Kiprahnya selama 18 tahun telah melayani sebanyak 1.5 juta website di seluruh dunia termasuk blog WordPress dan aplikasi. Layanannya mencakup shared, VPS, Managed WordPress, dedicated server dan cloud hosting.

Perusahaan sejauh ini telah menangani sebanyak 400.000 lebih klien dan memberi penilaian memuaskan saat menggunakan layanan DreamHost. Pilihan hosting berupa Starter, DreamPress dan VPS. Rentang harga dimulai dari Rp. 55.430 sampai dengan Rp. 192.953 (kurs 1 dollar = Rp. 14.033).

Keistimewaan dari menggunakan layanan DreamHost antara lain custom control panel. Dampak positifnya antara lain mampu mengubah informasi domain, menambah pengguna, meningkatkan pengaturan email dapat dilakukan dengan mudah. Didukung dengan SSD sebagai perangkat storage.

13. Liquid Web

Kiprah Liquid Web sebagai penyedia hosting untuk sistem berbasis web semakin dikenal banyak kalangan. Selama 22 tahun beroperasi, 45.000 pelanggan di 150 negara telah dilayani dengan baik. Sebanyak 1.5 juta lebih website telah ditangani oleh perusahaan dan memiliki 10 pusat data global.

Keistimewaan yang dihadirkan Liquid Web meliputi jaminan waktu operasi lebih stabil, pergantian perangkat keras, memberi keamanan terhadap ancaman atau aktivitas mencurigakan serta bebas biaya migrasi situs. Selain itu membatu pelanggan dalam memilih rencana hosting secara tepat.

Dari sisi biaya berlangganan Liquid Web membaginya dalam 4 opsi yakni VPS, dedicated, VMWare private cloud dan managed WordPress. Rentang tarif per bulannya mulai dari Rp. 266.627 sampai Rp. 22.438.767 (nilai kurs 1 dollar Rp. 14.033). Meski mahal kepuasan pelanggan menjadi prioritas mereka.

Baca selengkapnya review Liquid Web

14. KnownHost

Salah satu hosting luar negeri terbaik dapat dilihat dari Knownhost dengan jam terbangnya yang matang. Selama 20 tahun berkiprah memberi kehandalan dalam memfasilitasi website pelanggan. Tim profesional bekerja dengan baik disertai pelayanan selama 24 jam dalam memprioritaskan konsumen.

Saat ini KnownHost mengoperasikan ratusan server dalam empat pusat data berbeda dengan koneksi berkecepatan tinggi sekitar 10 Gigabit menjangkau seluruh dunia. Pelayanan yang dihadirkan berupa WordPress hosting, cloud VPS, dedicated servers, shared cloud dan reseller hosting.

Layanan hosting luar negeri ini juga memberi jaminan uang kembali apabila hasil kerja yang diberikan kurang memuaskan. Ada tiga pilihan paket seperti Basic Shared Hosting, Standard Shared Hosting dan Professional Shared Hosting. Rentang harga mulai dari Rp. 48.694 sampai dengan Rp. 139.909.

Baca selengkapnya review Knownhost

15. Geek Storage

Layanan hosting luar negeri lainnya yang dapat dicoba adalah Geekstorage. Selama kiprahnya menangani sistem berbasis web, sebanyak 20.000 situs daring telah ditangani oleh perusahaan ini. Bahkan pelanggan sebelumnya merasa puas dengan pelayanannya karena bersifat profesional.

Geekstroge menyediakan pilihan bagi pelanggan untuk menerapkan web, performance, EU, reseller dan VPS hosting. Sedangkan untuk layanan utama mencakup WordPress, CloudLinux dan Litespeed hosting. Keistimewaan dari perusahaan ini adalah memberi jaminan kepuasan konsumen.

Selain itu disertai jaminan uang kembali dalam 30 hari serta kestabilan tinggi khususnya untuk waktu online server. Apabila pengguna ingin berlangganan, terdapat lebih dari satu pilihan kategori paket. Sebagai contoh, WordPress PX-1 dibanderol seharga Rp. 67.218 per bulan (asumsi kurs Rp. 14.033).


Cara Pembayaran Hosting Luar Negeri

Mengingat bahwa layanan jasa hosting menerapkan biaya terkait jasa yang diberikan, pelanggan harus memikirkan cara untuk melakukan pembayaran. Sebab hal ini tidak sama dengan jasa hosting lokal yang metode pembayarannya lebih dikenal dan banyak pilihan dalam merealisasikannya.

Berikut ulasannya:

1. Menggunakan Kartu Kredit

Bagi pelanggan dengan ketersediaan kartu kredit, tentu tidak akan merepotkan dalam transaksi jual beli khususnya ketika berinteraksi dengan pihak jasa luar negeri. Bahkan di dalam negeri hal serupa juga dapat dilakukan. Jika sudah terbiasa menggunakannya maka tidak sulit untuk proses pembayaran.

Membayar layanan hosting asal luar negeri tidak jauh berbeda dengan transaksi belanja online pada umumnya. Kartu kredit yang digunakan untuk pembayaran adalah tipe kartu dengan dukungan layanan Master Card dan Visa. Saat ini ada beragam jenis credit card ketika diterbitkan oleh Bank.

Hampir semua credit card dilengkapi logo Master Card dan Visa. Apabila merasa rumit untuk melakukannya, proses transaksi memberli layanan hosting luar negeri, dapat memanfaatkan fitur obrolan.

Sebagai contoh, berikut langkah pembayaran hosting via kartu kredit di Greek Storage:

  • Kunjungi halaman Geekstorage.com melalui pengetikan pada address bar browser.
  • Usahakan pengguna membuat akun terlebih dahulu agar proses pembayaran hosting dapat dilakukan dengan lancar nantinya.
  • Setelah pengguna memiliki akun, langkah selanjutnya adalah melakukan login untuk melakukan transaksi pembelian di Geekstorage.com.
  • Pilih salah satu kategori berlangganan hosting pada sesi “Select Your Service”.
  • Selanjutnya pada sesi “Select Your Add Ons” pilih semua opsi yang diinginkan.
  • Kemudian isi kolom alamat web dan domain sesuai keinginan. Klik button “Search” untuk melihat ketersediaan alamat dan domain situs tersebut.
  • Berikutnya pada sesi “Payment Information” Pilih opsi “Credit Card”.
  • Isi nomor kartu kredit pada kolom “Card Number”
  • Isi pilihan masa kedaluwarsa kartu kredit.
  • Masukkan kode keamanan kartu, biasanya 3 digit angka di posisi paling belakang pada kolom “Card Security Code”.
  • Masukkan kode kupon apabila pengguna memilikinya.
  • Beri tanda centang pada checkbox “I agree to the Terms of Service”. Selanjutnya klik button “Complete Order”.
  • Tunggu hingga notifikasi keberhasilan transaksi diberitahukan lewat web dan email.

2. Menggunakan Paypal

Cara pembelian hosting luar negeri berikutnya dapat dilakukan dengan metode Paypal. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pembayaran lewat platform tersebut. Pertama akun pengguna sebaiknya sudah dalam keadaan terverifikasi dan pastikan ada saldonya.

Saldo harus cukup untuk melakukan transaksi, jangan sampai terjadi kekurangan terhadap biaya hosting yang dibebankan. Pengisian nominal balance tersebut dapat dilakukan lewat transfer bank atau kartu kredit. Jika user sudah siap dengan segala kelengkapannya maka proses pembelian dapat dilakukan.

Selain memiliki akun Paypal, pengguna juga sebaiknya memiliki akun di situs penyedia hosting luar negeri tersebut. Sebagai contoh dalam konteks ini mencoba pada situs knownhost.com.

Sebagai contoh, berikut langkah pembayaran hosting dengan paypal di Knownhost:

  • Buka browser kemudian ketikkan pada address bar knownhost.com.
  • Login ke akun pengguna apabila sudah terdaftar sebelumnya, jika belum sebaiknya melakukan registrasi terlebih dahulu.
  • Pilih salah satu kategori paket hosting yang ingin dibeli. Dalam hal ini membeli “basic shared hosting”.
  • Isi sesi “Configuration” dengan memilih opsi pada kolom “Term and Price”.
  • Selanjutnya isikan kolom “domain” dengan .com .net atau .live sesuai kebutuhan pengguna.
  • Pilih opsi “Backups” sesuai kebutuhan atau budget.
  • Pada sisi kanan tertulis “Order summary” memperlihatkan total biaya yang dibebankan kepada pengguna. Masukkan kupon promo apabila memilikinya.
  • Pada opsi “Payment Method” pilih opsi “Paypal Payments Standard”
  • Pengguna secara otomatis akan diminta untuk login ke akun Paypal.
  • Kemudian pengguna akan diperlihatkan rincian biaya dan rekening tujuan transfer sesuai dengan total biaya yang dibebankan.
  • Klik button “Confirm and Pay” untuk melakukan pembayaran biaya hosting tersebut.
  • Pengguna secepatnya menerima notifikasi keberhasilan transaksi melalui website Paypal atau email sebagai bukti pembayaran hosting untuk layanan jasa knownhost.com.

3. Menggunakan Dompet Digital

Saat penggunaan dompet digital semakin memudahkan dalam transaksi secara daring. Bahkan sebagian online shop memanfaatkan aplikasi tersebut untuk transaksi pembayaran. Caranya dapat dilakukan dengan fitur transfer atau melakukan pemindaian “QR Code” lewat perangkat ponsel pintar pengguna.

Apabila pengguna berniat untuk membeli hosting luar negeri langkah seperti ini, dapat dilakukan selama situs penyedia web hosting didukung oleh metode pembayaran dompet digital. Salah satunya adalah penyedia jasa asal Lithuania, Hostinger.co.id menyediakan opsi bayar dengan e-wallet tersebut.

Sebagai langkah awal untuk mempermudah transaksi, sebaiknya pengguna membuat akun di situs hostinger.co.id. Kemudian tahap berikutnya memastikan nominal saldo dompet digital sebaiknya mencukupi untuk pembayaran.

Selanjutnya dapat mengikuti prosedur sebagai berikut:

  • Buka browser kemudian ketikkan pada address bar hostinger.co.id.
  • Tunggu hingga halaman terbuka sepenuhnya. Kemudian pengguna dapat melakukan login terlebih dahulu.
  • Setelah berhasil masuk, pengguna dapat memilih kategori paket hosting yang ingin dibeli. Sebagai contoh, memilih paket “Web Hosting Single”.
  • Pengguna dapat melakukan ceklist pada bagian “Backup Harian” apabila membutuhkan dilengkapi rincian biayanya.
  • Pengguna juga diberi opsi untuk melakukan ceklist pada bagian “CloudFlare Protection” disertai biayanya apabila membutuhkan fitur tersebut.
  • Pada kolom “Cari Nama Domain” masukkan alamat situs disertai domain yang diinginkan. Contoh: www.cobadomain.com. Kemudian klik button “Cari”
  • Apabila domain tersebut tersedia, langkah selanjutnya adalah memastikan rincian biaya pada sisi kanan halaman.
  • Masukkan kode kupon apabila pengguna memilikinya.
  • Pilih metode pembayaran dompet digital. Misalnya “OVO” beri tanda centang pada pilihan tersebut. Masukkan nomor handphone yang terdaftar pada e-wallet tersebut. Berikutnya Klik button “Checkout Sekarang”.
  • Pengguna buka aplikasi OVO kemudian masukkan pin agar dapat mengakses fitur di dalamnya.
  • Pada halaman notifikasi, secara otomatis pengguna diminta untuk membayarkan sesuai nominal yang dibebankan saat membeli layanan hosting tadi.
  • Tap “Bayar” apabila sudah sesuai dengan nominal yang dibebankan.
  • Notifikasi pembayaran berhasil akan diberitahukan lewat aplikasi OVO.
  • Beralih ke halaman hostinger.co.id secara otomatis akan memuat ulang halaman untuk memberitahukan kepada pengguna bahwa pembayaran sudah berhasil dilakukan.
  • Notifikasi berikutnya akan dikirimkan melalui email yang terdaftar pada akun hostinger.co.id.
  • Lakukan pemeriksaan lewat kotak masuk. Biasanya pengguna akan diberi bukti pembayaran atau invoice keberhasilan transaksi tadi.

Demikianlah pembahasan terkait dengan hosting luar negeri terbaik dengan segala keistimewaan dan kehandalannya dalam memberi fasilitas terbaik bagi website pelanggan. Dengan begitu, tidak hanya memiliki space untuk menyimpan berbagai dokumen tetapi juga terjamin keamanannya.

Semoga artikel ini berguna untuk anda!

Rendi Supratman