Pilihan Email Hosting Terbaik 2020

Email dengan nama domain kini menjadi kebutuhan tersendiri bagi kalangan pebisnis maupun instansi. Untuk itu diperlukan email hosting supaya kebutuhan akan domain email terpenuhi. Saat ini tersedia layanan hosting email yang sepaket dengan layanan hosting website maupun hanya layanan email hosting saja. Jika Anda tidak memerlukan layanan web hosting, bisa memilih layanan hosting email saja.

Tersedia beragam paket Email hosting provider berbayar yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Setiap paket bisa dipilih sesuai besarnya kapasitas penyimpanan, aplikasi yang disediakan maupun beragam layanan tambahan lainnya. Meskipun berbayar, email hosting akan lebih efisien dalam penggunaannya. Selain itu dengan nama domain yang bisa dibuat maka akan memberikan kesan profesional dari para penggunanya.

Secara umum mendapatkan email hosting cukup mudah, yaitu cukup registrasi menggunakan Google akun kemudian membeli akun hosting. Beberapa provider menyediakan layanan free trial untuk uji coba. Bagi Anda yang memerlukan email hosting untuk keperluan bisnis maupun instansi, simak pembahasan berikut ini supaya dapat memperoleh email hosting terbaik sesuai kebutuhan.

Daftar Email Hosting Terbaik

1. Niagahoster

Niagahoster menyediakan layanan hosting khusus email, baik untuk pengelolaan email bisnis, email pribadi maupun email organisasi. Dengan menggunakan email hosting dan domain nama organisasi, pelanggan maupun rekan kerja akan lebih percaya serta lebih nyaman dalam berinteraksi. Keunggulan lainnya adalah Anda akan tampak lebih profesional serta lebih dikenal oleh para klien.

Kapasitas email masuk cukup besar, yaitu sekitar 9600 email per harinya atau sebanyak 400 email tiap jamnya. Karena server hosting email Niagahoster terpisah dari web server, performa email lebih optimal serta lebih stabil. Untuk memperoleh email profesional, biaya yang dikeluarkan mulai dari 80 ribu rupiah tiap bulannya. Bagi pengguna pemula disediakan free trial 1 bulan.

Hosting email dari Niagahoster memiliki fitur cPanel serta backup data mingguan. Keunggulan lainnya dari layanan hosting email Niagahoster adalah kecepatan akses serta kemudahan dalam penggunaannya. Jadi Anda dapat mengirimkan email dengan cepat serta akurat. Bahkan Anda dapat mengirimkan kepada 50 alamat email sekaligus dalam satu kiriman saja.

2. Ardetamedia

Ardetamedia merupakan provider hosting email yang bisa dipakai untuk tujuan organisasi, pribadi maupun bisnis. Ada beragam paket hosting email yang bisa dipilih di mana masing-masing paket memiliki fitur yang berbeda sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk paket expert, biaya yang dikenakan dimulai harga 50 ribu rupiah per bulannya.

Sedangkan untuk paket extreme, bisa diperoleh dengan harga mulai 90 ribu rupiah tiap bulannya. Paket Extreme menjadi pilihan favorit kalangan pengguna Ardetamedia. Untuk kapasitas yang lebih besar bisa memakai paket Biz dengan harga mulai 150 ribu rupiah per bulannya. Dikenal sebagai provider yang terjangkau, Ardetamedia juga memberikan adanya jaminan uang kembali 1 bulan.

Keunggulan lain Ardetamedia adalah pelayanannya yang berkualitas. Pengamanan data serta file juga tidak diragukan lagi sehingga bisa terhindar dari firewall serta spam. Email hosting juga dilengkapi dengan adanya backup server. Keunggulan lainnya yaitu kecepatan akses yang cukup optimal serta penggunaan Cpanel yang mudah untuk digunakan.

3. Microsoft 365

Salah satu layanan email hosting dengan aplikasi lengkap yang bisa dipertimbangkan adalah Office 365. Microsoft Office 365 cocok digunakan karyawan instansi untuk menunjang kinerja mereka terutama dalam pengolahan data menggunakan excel, powerpoint maupun word. Dengan berlangganan hosting email office 365 premium, selain hosted email Anda juga mendapatkan aplikasi office yang bisa digunakan sehari-hari dalam bekerja.

Hanya dengan 1 subscription, para pengguna akan mendapatkan email hosting, web hosting, akses dekstop maupun ponsel untuk aplikasi word, excel, outlook, powerpoint, OneDrive, OneNote serta Skype. Fasilitas-fasilitas tersebut dapat menunjang pekerjaan administratif maupun mengadakan pertemuan online conference. Selain itu pengguna juga mendapatkan akses premium untuk Microsoft Teams, yaitu sejenis aplikasi chat serta conference tatap muka.

Biaya berlangganan untuk email hosting Microsoft office 365 Business Premium plan yaitu sebesar 12.5 USD per bulannya. Kapasitas penyimpanan yang diperoleh sebesar 50 GB untuk tiap akun. Tiap pemilik akun juga dapat mengakses bebas untuk segala aplikasi Microsoft yang telah disebutkan sebelumnya. Tiap pengguna juga dapat memanfaatkan penyimpanan online sebesar 1 TB di akun OneDrive.

4. GSuite

Gsuite dahulu bernama Google Aps. Tampilan dari GSuite memiliki kemiripan dengan produk Gmail yang gratis dari Google. Secara umum fungsi serta tampilannya hampir sama. Untuk mendaftarkan email hosting di GSuite, bisa dibilang cukup mudah. Penggunaannya pun jarang ada masalah maupun kendala yang berarti sehingga bisa dijadikan pilihan hosting yang tepat.

GSuite hampir sama seperti office 365. Jadi email hosting sudah satu paket dengan beberapa kolaborasi aplikasi untuk berkomunikasi dalam internal organisasi. Kapasitas penyimpanan pun cukup besar yaitu 30 GB. Anda juga dapat mengakses tools lain seperti note, drive, Google docs, Google sheets serta beragam administrasi lainnya sehingga lebih simpel serta lebih ringkas.

Namun perlu diakui biaya berlangganan GSuite cukup mahal. Harga termurah untuk berlangganan email hosting GSuite sebesar 5 USD tiap bulannya. Biaya tersebut dihitung per user, sehingga bila Anda memerlukan hosting email untuk organisasi maupun instansi yang lebih dari 1 orang maka GSuite dirasa kurang cocok atau kurang ideal karena biaya akan lebih mahal.

5. Fasthost

Kelebihan dari Fasthost adalah biaya yang murah sehingga cocok bagi Anda yang sedang mencari email hosting dengan low budget. Bila Anda memerlukan email dengan penyimpanan berkapasitas besar, tentu biayanya akan lebih mahal. Namun jika memerlukan email yang sederhana dan murah untuk kebutuhan Anda, Fasthost bisa menjadi solusi yang tepat.

Biaya berlangganan Fasthost bisa dimulai dari 2 euro per bulannya dan Anda bisa memperhitungkan sendiri berapa keperluannya. Dengan biaya ini Anda akan memperoleh 2 alamat email dengan 2 mail box berkapasitas masing-masing 2 GB. Fasilitas lain yang diperoleh adalah antivirus, support 24/7 serta akses email di laman web. Memang fitur yang ditawarkan tergolong dasar.

Namun bila kebutuhan Anda memang tidak banyak, penggunaan Fasthost akan lebih efisien. Bila memerlukan penyimpanan yang lebih besar, bisa berlangganan email exchange yang bisa diakses melalui Outlook. Biayanya sebesar 5 euro per bulannya untuk penyimpanan 50 Gb dengan 5 atau lebih pengguna. Sedangkan untuk penyimpanan 100 GB, harga berlangganannya sebesar 10 Euro per bulan.

6. JogjaHost

Selain memberikan layanan hosting, Jogjahost juga menawarkan jasa hosting email. Reputasi serta pengalaman dari JogjaHost dikenal cukub bagus serta dapat diandalkan. Sudah berpengalaman cukup lama di bidang hosting, JogjaHost bisa Anda pilih untuk alternatif provider email hosting. Fitur layanan email hosting dari JogjaHost bahkan bisa dikatakan lebih dari standar pada umumnya.

Harus diakui harga tiap paket yang ditawarkan memang cukup mahal dibandingkan provider lainnya. Namun JogjaHost memberikan layanan serta kualitas yang sepadan dengan harga yang ditawarkan. JogjaHost dikenal sebagai hosting provider untuk klien skala besar. Kepercayaan tersebut diraih karena teknologi yang JogjaHost gunakan bisa dikatakan yang paling baik di Indonesia.

Ada 3 paket layanan email hosting yang ditawarkan oleh JogjaHost, yaitu paket Biz, paket Prof serta paket Little. Paket Biz dapat diperoleh dengan harga mulai dari 200 ribu rupiah tiap bulannya. Untuk paket Prof, harga berlangganan tiap bulan yang ditawarkan mulai dari 150 ribu rupiah. Sedangkan paket Little dikenakan biaya langganan per bulan 100 ribu.

7. Rackspace

Rackspace merupakan pilihan yang tepat bila Anda hanya memerlukan email hosting saja. Ada beberapa provider yang menyediakan beragam aplikasi untuk menunjang komunikasi serta beragam tools lainnya yang bisa dimanfaatkan apabila berlangganan akun premium. Namun bila Anda hanya memerlukan email hosting saja, tidak usah membayar mahal dan cukup berlangganan Rackspace.

Ada 2 pilihan dari Rackspace yang bisa dipilih yaitu email hosting serta hosted exchange. Hosting email menyediakan layanan email dasar seperti pengiriman email, kontak serta kalender. Anda dapat mengakses melalui web, desktop maupun dari ponsel. Fitur dasar membuat pengguna semakin praktis untuk berkirim pesan. Selain itu biayanya lebih hemat yaitu hanya 2 USD per bulan.

Sedangkan paket yang lebih ekstra, bisa memakai pilihan versi hosted dari Microsoft Exchange. Dengan fitur ekstra, Anda tetap membayar biaya yang lebih murah. Anda juga dapat memanfaatkan kedua pilihan tersebut, misalnya untuk anggota tertentu hanya diberikan email hosting dasar serta untuk anggota lain dengan kebutuhan lebih bisa diberikan layanan exchange seharga 3.5 USD per bulan.

8. Zoho

Keunggulan dari Zoho adalah menyediakan versi hosting email yang gratis. Dengan versi gratis, Anda dapat memperoleh 25 pengguna untuk 1 domain. Tentu hal ini cukup bagus untuk dimanfaatkan bagi kalangan pemula. Namun bila Anda memerlukan kapasitas yang lebih, bisa menggunakan paket berbayar. Paket email hosting Zoho yang termurah yaitu seharga 2 USD tiap tahun per usernya.

Layanan fitur yang diberikan sebetulnya tidak hanya hosting email namun juga ada fitur tambahan seperti GSuite. Secara umum Zoho cukup oke dan stabil untuk digunakan meskipun memungkinkan untuk terjadi down server namun jarang terjadi. Kekurangan dari Zoho adalah layanan anti-spam yang kurang optimal. Tentu bila dibandingkan dengan GSuite, Zoho masih kalah.

Untuk paket standar email hosting Zoho bisa diperoleh dengan biaya 3 USD per bulannya. Anda akan memperoleh penyimpanan 30 GB serta attachment sebesar 30 MB. Sedangkan untuk paket profesional, harga yang dikenakan sebesar 6 USD per bulan. Penyimpanan paket profesional sebesar 100 GB serta attachments sebesar 40 MB.

9. FastMail

Fastmail bisa dipilih untuk kebutuhan email bisnis maupun email pribadi. Fitur yang ditawarkan memang tidak banyak, hanya berfokus pada fitur dasar seperti kalender, list kontak serta pengiriman pesan. Kelebihan dari FastMail adalah pengirimannya yang cepat serta pengoperasiannya yang mudah. Anda dapat mengakses dengan praktis baik melalui web maupun dari ponsel.

Karena tampilannya sederhana serta fiturnya yang minimalis, maka akan cocok untuk Anda yang memerlukan percakapan email yang cepat dan simpel. Anda juga dapat menambahkan subdomain maupun domain pada akun yang Anda miliki. Hingga saat ini, FastMail berbiaya 5 USD per user per bulannya untuk paket standar.

Keunikan lainnya dari FastMail adalah Anda dapat melakukan penyesuaian penyimpanan untuk pengguna lain. Misalnya, rekan kerja Anda tidak memerlukan penyimpanan melebihi 25 GB (paket standar dari FastMail). Sedangkan Anda memerlukan penyimpanan yang lebih besar. Dengan FastMail, pengguna dapat menambah kapasitas penyimpanan hanya untuk akun milik tertentu saja sehingga lebih efisien.

10. Bluehost

Bluehost cocok untuk pengguna yang bergerak di bidang atau organisasi dalam skala kecil. Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang terlalu besar untuk email hosting dengan penyimpanan ekstra. Bluehost akan lebih cocok dipakai untuk Anda yang memiliki budget rendah. Hanya membayar sebesar 3 USD, Anda dapat berlangganan email hosting selama 3 tahun.

Paket tersebut sudah mencakup akun email unlimited serta penyimpanan email hingga 50 MB. Selain harganya yang murah, akses dan kapasitas unlimited menjadi kelebihan lain dari Bluehost. Untuk itu pelanggan perlu memperhatikan ketentuan layanan yang ada terkait ketersediaan sumber daya penyimpanan.

Pengguna akan memperoleh IMAP4 serta POP3 dan dukungan 27/7 secaara penuh. Pengguna juga dapat memilih aplikasi web email (seperti gmail maupun outlook), Horde maupun Squirrelmail. Anda juga dapat mengkonfigurasi email klien untuk windows 10 maupun Mozila Thunderbird untuk membaca email secara offline.

11. Hostinger Indonesia

Hostinger Indonesia juga menyediakan layanan hosting email khusus yang terpisah dari layanan hosting website. Anda dapat memilih paket hosting email yang terpisah supaya dapat lebih mudah untuk mengkonfigurasi email serta lebih meminimalisasi masalah. Bila Anda berminat untuk berpindah dari email bawaan sebelumnya, paket email dari Hostinger memungkinkan untuk melakukan transfer migrasi ke dalam platform Hostinger.

Email hosting dari produk Hostinger bisa diakses dari Android, PC maupun iOS. Anda juga dapat membuka email dari aplikasi email lain. Kemudahan ini membuat Anda lebih produktif karena dapat mengakses email dari mana saja tanpa ada gangguan. Tersedia beragam paket hosting email yang bisa Anda pilih.

Paket email hosting terfavorit dari pelanggan Hostinger adalah paket Enterprise. Paket ini menawarkan layanan support multi device. Untuk kapasitas penyimpanannya, tersedia 30 GB storage serta unlimited filters. Paket ini juga memiliki fitur antivirus dan bisa dipakai email alias sebanyak 50.

12. Greatmail

Hosting email Greatmail memiliki keunggulan dari segi harga berlangganan yang murah. Tampilan dari email Greatmail juga tergolong basic dan standar. Hanya dengan biaya 1 USD per bulan per mail box, Anda dapat memperileh 10 GB penyimpanan. Pengamanan data juga cukup baik dengan adanya fitur spam protection.

Penawaran yang diberikan bisa dikatakan cukup standar. Namun bila kebutuhan Anda akan hosting email memang tidak terlaluu banyak, Greatmail merupakan pilihan serta solusi yang sempurna. Tools yang ditawarkan yaitu berupa email dengan tampilan serta fitur dasar, Kontak email serta kalender.

Bila edisi standar Greatmail dengan biaya 1 USD per bulan dirasa tidak cukup, Anda bisa menggunakan paket yang lebih besar dengan harga 2 USD per mail box tiap bulannya. Kapasitas penyimpanan dari paket ini tentu lebih besar yaitu sebesar 25 GB. Selebihnya untuk fitur kontak serta fitur kalender masih sama seperti paket dasar.

Email sudah menjadi suatu kebutuhan dan menjadi cara komunikasi yang efektif saat ini. Anda akan memperoleh pesan notifikasi maupun penyimpanan yang besar untuk berbagi beragam file dengan lebih praktis. Maka pilihlah provider email hosting yang sesuai dengan kebutuhan instansi Anda. Pertimbangkan kapasitas serta aplikasi tambahan yang ditawarkan supaya budget bisa dialokasikan secara tepat dan efisien.

Rendi Supratman