Cara Menggunakan VPN di Android dan PC/Laptop

VPN atau Virtual Private Network adalah salah satu teknologi yang bisa digunakan jika anda ingin privasi data tetap terlindungi. Bahkan teknologi ini bisa digunakan di perangkat HP atau smartphone anda, termasuk yang berbasis android. Menemukan dan cara menggunakannya pun sangat mudah. Inilah mengapa pengguna VPN termasuk banyak.

Tahukah anda bahwa di telepon anda, banyak sekali informasi sensitif yang tersimpan. Misalnya seperti dimana anda berlokasi, gambar-gambar, video, hingga perbankan online. Jika anda tak menggunakan perlindungan yang tepat, maka hacker atau peretas bisa saja mengambil data tersebut. Lalu, bagaimanakah cara untuk bisa melindungi data di smartphone?

Salah satu caranya tentu dengan menggunakan antivirus. Namun hal ini belum cukup. Banyak ahli merekomendasikan agar anda melengkapinya dengan memasang VPN. VPN akan membuat semua data terenkripsi dengan baik. Ini artinya, pertukaran data yang terjadi di smartphone anda akan sangat sulit dibaca oleh orang lain, termasuk hacker.

Selain data, alamat IP anda pun akan disembunyikan dengan baik. Ini karena anda bisa memilih di lokasi manakah anda seakan-akan berlokasi. Inilah yang berguna jika ingin membuka situs yang diblokir atau disensor oleh pemerintah dimana anda tinggal. Cara untuk menggunakan VPN pun sangat mudah. Semua dimulai dari proses download terlebih dulu.

Untuk VPN, anda bisa memilih yang gratis atau berbayar (premium). Semua dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Kali ini akan banyak dibahas mengenai cara untuk menggunakan VPN dan juga mengapa anda membutuhkan VPN. Dengan begitu, anda bisa melakukan koneksi yang lebih aman meskipun menggunakan smartphone android.

Baca juga: rekomendasi VPN terbaik di Indonesia

Apakah VPN Benar-Benar Dibutuhkan?

Kebanyakan orang masih mengira bahwa VPN sebenarnya tak terlalu penting. Terlebih jika anda tetap bisa browsing internet menggunakan koneksi biasa tanpa VPN. Sebenarnya hal ini tergantung pada pribadi masing-masing. Untuk kebanyakan orang, VPN adalah hal yang sangat penting. Bahkan, ini menjadi sebuah sistem wajib untuk digunakan.

Manfaat terbesar dari VPN adalah kemampuannya untuk mengenkripsi data. Ini akan membuat pertukaran data yang terjadi menjadi sangat sulit dibaca oleh pihak yang tidak berkepentingan. Tentu ini termasuk hacker, mata-mata, atau pelaku tindakan kriminal lainnya. Mereka tak akan bisa memecahkan enkripsi ini karena ditulis dengan kode yang sangat rumit.

Kemudian, ada pula manfaat lainnya dari penggunaan VPN. Manfaat tersebut adalah kemampuan VPN untuk menghentikan situs web mencurigakan. Hal ini terutama jika situs tersebut mencoba untuk melacak aktivitas anda di dunia maya. VPN juga bisa menghentikan situs tersebut membuat tarhet iklan dari history penjelajahan anda.

Di Indonesia sendiri pengawasan terhadap beberapa situs sangat ketat. Kita tahu ada banyak situs yang disensor atau diblokir oleh pemerintah. Misalnya saja situs-situs yang mengandung muatan pornografi, judi, dan situs yang dianggap berbahaya lainnya. VPN akan membantu anda untuk membuka situs-situs tersebut dengan mudah dan cepat.

Bahkan, data anda ditulis anonym. Jadi, tak akan ada yang tahu bahwa anda mengakses situs tersebut. Selain untuk situs yang disensor, VPN juga bisa digunakan untuk membuka situs apapun. Ini merupakan sebuah cara yang aman. Inilah yang dilakukan perusahaan untuk pegawainya jika ingin melakukan koneksi internal dengan lebih aman.

Cara Menggunakan dan Memasang VPN pada Gadget Android

Tak hanya di komputer, VPN juga bisa dipasang dengan mudah di smartphone anda. Terutama untuk smartphone yang menggunakan sistem operasi android. Ini menjadi salah satu cara ampuh untuk melindungi data pribadi anda dengan baik. Menariknya, VPN bisa diunduh dengan mudah melalui aplikasi PlayStore atau langsung dari internet.

Beberapa provider VPN bahkan membuat aplikasi VPN ringan untuk membuat penggunaan data anda tak terlalu banyak. Bahkan, ada beberapa VPN yang justru memungkinkan anda untuk memantai penggunaan data. Tak perlu ragu lagi jika anda ingin memasang aplikasi VPN pada smartphone Android anda. Langkahnya sangat mudah dan juga cepat.

Di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengunduh aplikasi VPN di handphone Android:

  1. Buka terlebih dulu aplikasi ‘PlayStore’ dan di bagian kolom pencarian ketikkan VPN.
  2. Klik tanda ‘kaca pembesar’ untuk memulai pencarian.
  3. Setelah itu beberapa jenis aplikasi VPN akan ditampilkan disana. Pilihlah salah satu yang anda inginkan.
  4. Setelah anda pilih, maka informasi tentang aplikasi tersebut akan ditampilkan.
  5. Klik install / pasal. Proses download atau pengunduhan akan segera dimulai.
  6. Jika sudah selesai, maka lihat di halaman menu smartphone anda. Klik aplikasi VPN yang sudah di install tadi.
  7. Beberapa VPN bisa langsung digunakan tanpa langsung mendaftar dengan meng-klik pilihan connect. Jika memang diharuskan untuk mendaftar, klik saja menu ‘daftar’ atau ‘signup’.

Jika sudah, anda siap untuk mulai pengalaman browsing di Internet dengan menggunakan VPN. Silahkan lanjutan setting lainnya jika dibutuhkan.

Cara Menggunakan Aplikasi VPN di Windows 10

Untuk pemakaian dan penggunaan di Windows 10, ada dua sistem yang bisa anda gunakan. Pertama adalah penggunaan secara manual dan dengan menggunakan aplikasi. Anda bisa memilih yang sekiranya mudah untuk diaplikasikan.

Di bawah ini adalah beberapa langkah menggunakan VPN secara manual di Windows 10:

  1. Pada layar laptop atau desktop, klik ikon ‘network’. Biasanya terletak di kanan bawah taskbar.
  2. Lalu, pilihlah network setting.
  3. Cari pilihan VPN, dan pilih ‘add a VPN connection’. Sebuah jendela akan ditampilkan.
  4. Kemudian, masukkan detailnya untuk mendapatkan koneksi VPN Anda.
  5. Di kotak VPN provider, silahkan pilih Windows (built-in)
  6. Untuk VPN type, pilih automatic
  7. Untuk pilihan type of sign in, silahkan pilih ‘user name and password’.
  8. Kemudian ini connection name serta server name or addres. Pengisian ini bisa berbeda sesuai dengan penyedia VPN
  9. Scroll terus ke bawah hingga anda menemukan space untuk memasukkan username dan password untuk VPN
  10. Masukkan informasi yang sudah diberikan oleh service VPN anda.
  11. Jika sudah, klik SAVE dan tutup setting ini.

Untuk mulai menggunakan, klik ikon WiFi yang ada di kanan bawah taskbar. Cari dan pilih koneksi VPN yang baru saja dibuat tadi. Untuk mulai menggunakan VPN, silahkan klik pilihan connect yang ada disana.

Jika anda merasa setting diatas terlalu sulit, maka pilih saja penggunaan dengan aplikasi. Caranya sangat simple. Anda hanya perlu download serta install aplikasi VPN yang anda mau melalui komputer/laptop. Apabila sudah, silahkan lakukan proses daftar/signup untuk dapat menggunakan aplikasi. Kemudian, klik tombol connect.

Apabila anda bingung ingin memilih aplikasi VPN yang mana, sebaiknya lakukan riset kecil-kecilan terlebih dulu. Ada beberapa aplikasi VPN yang cukup populer sekarang. Tentu aplikasi ini menawarkan kualitas dan layanan yang baik. Anda bisa mencari tahu tentang hal tersebut dan mulai menggunakannya jika sudah yakin.

Rendi Supratman