Software dan Aplikasi Video Conference Terbaik

Saat ini penggunaan software dan aplikasi video conference meningkat pesat, seiring dengan naiknya trend work from home (bekerja dari rumah). Kondisi pandemi membuat banyak kantor yang mengharuskan karyawan bekerja dari rumah.

Meski demikian, komunikasi antar karyawan ataupun dengan client tetap harus terjaga. Sehingga akhirnya banyak yang membutuhkan sarana lain. Disinilah aplikasi dan software video conference hadir.

Hosting Unlimited Indonesia

Apa itu video conference?

Video conference adalah proses komunikasi antara dua atau lebih partisipan dari tempat yang berbeda dalam bentuk gambar, video, dan suara secara aktif.

Aplikasi video conference adalah software/aplikasi yang digunakan untuk melakukan aktifitas video konferensi ini.

Aplikasi Video Conference Kualitas Bagus

Perangkat lunak Video Conference berkualitas tinggi harus melakukan lebih dari sekadar menunjukkan wajah Anda kepada dunia. Aplikasi ini harus mampu digunakan untuk:

  • melakukan obrolan cepat dengan rekan kerja Anda atau memberikan presentasi langsung di kalender semua orang,
  • solusi konferensi video yang baik memudahkan untuk membuat tautan rapat atau nomor dial-in,
  • membagikannya dengan yang lain, dan menambahkan lebih banyak orang untuk panggilan yang sedang berlangsung.

Ini juga harus menawarkan fitur yang memungkinkan Anda mengubah facetime menjadi waktu kolaborasi, seperti berbagi layar, anotasi atau papan tulis, dan live chat. Fitur-fitur ini adalah kunci untuk membuat rapat virtual Anda menjadi produktif seperti yang dilakukan secara langsung, jadi kami hanya menyertakan aplikasi yang mendukung fungsi-fungsi ini.

Dan meskipun agak sulit untuk didefinisikan, aplikasi konferensi video yang bagus harus dapat diandalkan, artinya harus memungkinkan panggilan yang dihapus secara konsisten yang biasanya tidak jatuh atau berombak.

aplikasi video conference terbaik

Lalu apa saja software dan aplikasi video konferensi terbaik? simak di bawah ini.

Software & Aplikasi Video Conference Terbaik

1. ZOOM

Jika Anda mencari aplikasi konferensi video, Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang Zoom . Ini adalah salah satu aplikasi panggilan grup paling populer — dan untuk alasan yang baik. Untuk sebagian besar, Zoom hanya berfungsi .

Setelah Anda menginstal aplikasi Zoom (di komputer atau di ponsel Anda), Anda dapat menyelenggarakan panggilan video 1: 1 gratis tanpa batas waktu dan panggilan grup hingga 100 orang selama Anda tidak berbicara selama lebih dari 40 menit . Paket berbayar memungkinkan Anda mengobrol dengan hingga 1.000 orang sekaligus, banyak untuk hampir setiap situasi.

Lebih penting lagi, Zoom sangat bisa diandalkan. Bahkan ketika koneksi internet Anda bukan yang terbaik, Zoom biasanya akan membuat video Anda berjalan — meskipun terkadang pada tingkat kualitas yang lebih rendah. Anda dapat merekam panggilan apa pun sebagai video berdurasi penuh. Peserta juga dapat menggunakan obrolan teks untuk berbicara satu sama lain, baik sebagai grup atau sebagai pesan pribadi individu, selama panggilan. Dan Anda dapat membagikan layar Anda, memilih untuk menunjukkan seluruh layar Anda atau hanya salah satu aplikasi yang sedang Anda jalankan.

Zoom bahkan memungkinkan Anda menjadwalkan panggilan di muka, mengobrol kapan saja dengan kontak Anda, atau menyambung ke perangkat konferensi ruang. Secara keseluruhan, ini adalah aplikasi video tim yang hampir sempurna.

Harga Zoom: Gratis hingga 100 peserta untuk pertemuan 40 menit; mulai $ 14,99 / bulan per host Pro plan untuk manajemen pengguna, panjang rapat tidak terbatas, dan pelaporan.

2. GOOGLE MEET

Fitur terbaik Google Meet , mungkin, adalah integrasinya yang dalam dengan aplikasi Google lainnya. Setiap kali Anda membuat rapat di Kalender Google, Anda akan mendapatkan tautan Temu yang dapat Anda dan peserta rapat klik untuk langsung bergabung dengan panggilan. Dan ketika Anda berada di tengah-tengah panggilan, Anda dapat menemukan file dari Google Drive dan Aplikasi dan membaginya dalam obrolan, tanpa meninggalkan panggilan Anda. Anda bahkan dapat memulai panggilan langsung dari kotak masuk Gmail Anda.

Google Meet mencakup captioning langsung, yang merupakan nilai tambah besar untuk aksesibilitas. Teks bekerja dengan sangat baik dalam bahasa Inggris, meskipun tidak dapat mendeteksi kapan bahasa lain diucapkan saat panggilan berlangsung. Ada juga fitur berbagi tab yang bagus untuk berbagi media, dengan sedikit jeda saat digunakan untuk melakukan streaming video pendek sebagai sebuah grup.

Bertemu dapat berjuang dengan panggilan grup besar. Dalam pengalaman kami, itu tidak menurunkan panggilan dengan anggun seperti beberapa aplikasi lain (seperti Zoom) jika koneksi internet Anda lambat. Tetapi ada solusinya: Anda dapat memilih untuk memiliki hingga 100.000 peserta bergabung melalui mode hanya-lihat. Mode ini tidak menampilkan video peserta, jadi mereka hanya akan melihat dan mendengar siapa yang memimpin panggilan. Meskipun ini tidak sama dengan konferensi video yang sebenarnya, karena membatasi kemampuan mereka untuk berpadu, itu adalah pilihan yang layak jika Anda hanya perlu satu atau dua orang untuk hadir di kelompok besar — ​​seperti di kelas pembelajaran jarak jauh yang digerakkan oleh kuliah.

Jika Anda bekerja dari lokasi yang sama, Anda juga dapat menggunakan perangkat ruang konferensi Temui untuk obrolan video ruang penuh dan perangkat layar sentuh Jamboard untuk kolaborasi tim. Bersama dengan integrasi Meet yang mendalam dengan G Suite lainnya, Meet dapat menjadi cara terbaik untuk berbicara dengan tim Anda.

3. GoToMeeting

GoToMeeting adalah bagian dari keluarga aplikasi konferensi video LogMeIn yang memungkinkan Anda bertemu dengan tim Anda atau menyiarkan webinar kepada ribuan pemirsa. Dengan GoToMeeting, Anda akan menjadwalkan rapat secara online, lalu menggunakan aplikasi GoToMeeting untuk bergabung dengan panggilan, membagikan layar Anda, dan menyajikannya kepada pemirsa.

Anda dapat memilih untuk menjadwalkan sesi berulang atau memulai panggilan satu kali. Dan GoToMeeting juga memungkinkan Anda membuat tautan khusus untuk rapat Anda — yang merupakan fitur hebat jika Anda akan mengundang orang di luar organisasi Anda atau menjalankan acara virtual yang tersedia untuk umum seperti webinar.

GoToMeeting menawarkan semua fitur yang Anda harapkan dari alat konferensi video yang ditujukan untuk para profesional, termasuk rekaman panggilan, nomor dial-in (atau opsi agar GoToMeeting menghubungi nomor Anda sehingga yang harus Anda lakukan hanyalah menjawab), dan video HD untuk hingga enam peserta. Anda bahkan dapat memonitor level audio Anda dari bilah alat aplikasi, sehingga Anda dapat melihat seberapa keras Anda selama panggilan berlangsung.

The downside adalah bahwa aplikasi bisa sedikit membingungkan karena semua fitur dan opsi yang tersedia. Namun, untuk sebagian besar, GoToMeeting adalah opsi andal yang bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda menginginkan alat untuk panggilan tim dan webinar.

4. JOIN.ME

Juga penawaran LogMeIn, join.me agak mirip dengan sepupu GoToMeeting yang lebih ramping, lebih ramping — sempurna jika Anda hanya perlu menerima panggilan sesekali.

Setelah membuat akun, Anda dapat memulai rapat dari peramban atau aplikasi desktop atau seluler apa saja, dan peserta dapat langsung bergabung dari peramban mereka. Beberapa fitur Pro, seperti berbagi layar, hanya tersedia jika Anda menggunakan aplikasi desktop. Tetapi jika Anda hanya ingin menyelenggarakan panggilan video cepat — jika Anda perlu berbicara dengan klien yang tidak perlu berbagi layar, misalnya, dan Anda tidak ingin meminta mereka mengunduh perangkat lunak apa pun — bergabunglah .me adalah opsi yang solid.

Jika Anda memilih untuk menggunakan aplikasi desktop, Anda dapat menyaring berbagi dan membuat anotasi, seperti di alat tanda tangan LogMeIn. Dan di ponsel, Anda bahkan dapat berbagi layar atau dokumen tertentu di ponsel, sehingga Anda dapat berkolaborasi sebagai tim saat bepergian.

5. Cisco Webex Meetings

Dari salah satu produsen perangkat keras konferensi video terkemuka, Cisco Webex Meetings dirancang dengan kolaborasi berskala besar. Ini terkenal karena memiliki beberapa masalah kegunaan, tetapi memiliki semua fitur yang Anda harapkan dari aplikasi konferensi video, dengan audio terutama tajam dibandingkan dengan beberapa opsi lain.

Tetapi fitur yang paling menonjol adalah papan tulis virtual Webex. Setelah Anda memulai panggilan, Anda dapat memilih untuk membagikan layar Anda sebagai ruang putih kosong — dan kemudian menggunakan beragam alat sketsa, teks, dan bentuk geometris untuk berkolaborasi. Anda bahkan dapat membuat “halaman” papan tulis yang terpisah dan melihatnya satu per satu atau menavigasi sebagai thumbnail. Bagian terbaiknya adalah setiap orang dapat menggunakan papan tulis secara bersamaan.

Jika Anda hanya menginginkan konferensi video biasa, Anda dapat melakukannya juga. Dan jika tim Anda membutuhkan cara mudah untuk tetap terhubung di antara rapat, aplikasi Cisco Webex Teams yang menjadi pendamping menambahkan obrolan tim dan panggilan satu-klik ke kolaborasi video Anda.

6. SLACK

Saat ini, Slack adalah salah satu aplikasi obrolan tim yang paling populer , dan itu diambil dari sekadar obrolan teks dan gambar. Slack menambahkan panggilan suara 1-ke-1 ke desktop dan aplikasi selulernya pada Juni 2016, menindaklanjuti enam bulan kemudian dengan menambahkan video ke panggilan-panggilan itu.

Untuk memanggil kolega di Slack, cukup buka saluran atau pesan langsung dan klik ikon telepon — Slack akan memulai panggilan di jendela baru dan menambahkan pemberitahuan ke obrolan. Panggilan terasa lebih seperti panggilan telepon biasa dengan video ditambahkan (cukup ketuk ikon video untuk menghidupkan video). Hingga 15 orang dapat bergabung dengan panggilan, tetapi Anda hanya dapat melakukan panggilan video dari aplikasi desktop, bukan seluler. Anda juga dapat membagikan layar Anda — dan Anda serta rekan satu tim Anda dapat membuat anotasi itu — meskipun tidak ada opsi papan tulis khusus.

Pengaturan panggilan video yang terbatas (dan fakta bahwa kualitas video dengan cepat turun dengan lebih dari beberapa orang yang menelepon) menjadikan Slack panggilan terbaik untuk percakapan cepat hanya dengan satu atau dua orang lainnya.

Demikian review singkat dari beberapa software dan aplikasi video conference terbaik yang kami sajikan. Semoga berguna untuk anda.

Rendi Supratman