Apa Itu VPN? Mengenal Lebih Jauh Fungsi dan Manfaatnya

VPN mungkin bukanlah hal yang asing lagi sekarang ini. Banyak dari Anda yang sering browsing menggunakan internet mulai menggunakannya. Tentu Anda sudah banyak mendengar tentang kelebihan VPN, bukan? Meski begitu, pasti masih banyak yang belum tahu pasti tentang detail VPN. Padahal penting untuk mengetahuinya.

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. Teknologi ini dibuat untuk menghubungkan jaringan antara beberapa gedung perkantoran dengan aman. Inilah kegunaannya di zaman dulu. Ini artinya, karyawan pun dapat menggunakan jaringan kantor meskipun mereka berada di luar kantor. Misalnya di rumah, café, atau dari tempat yang lain.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, VPN pun semakin luas penggunaannya. Banyak pengguna internet di dunia memanfaatkan jaringan ini. Mereka memanfaatkan VPN untuk memperoleh koneksi internet secara pribadi atau private, aman, dan bisa membuat akses jaringan secara remote. VPN pun bisa digunakan dari berbagai gadget.

Apa Itu VPN?

VPN adalah sebuah layanan atau koneksi yang akan memberikan akses secara aman dan privat ke sebuah website. Layanan ini akan mengubah jalan koneksi pada server. Kemudian, pertukaran data yang dilakukan pun akan disembunyikan. Namun VPN akan membuat gadget Anda melakukan browsing dengan jaringan komputer.

Apabila computer atau server ada di negara yang berbeda maka negara itulah yang bisa Anda gunakan untuk browsing. Anda dapat menggunakan koneksi yang tersedia. Ini artinya, bisa pula mengakses sesuatu yang mungkin tak bisa dilakukan di negara tempat tinggal Anda. Inilah keuntungan menggunakan VPN. Di bawah ini adalah detainya.

Melihat banyaknya pengguna VPN, sudah tentu bahwa teknologi ini memiliki beberapa manfaat. Selain manfaat, VPN juga bisa dikategorikan sebagai sebuah koneksi yang cukup aman untuk digunakan. Memang mungkin koneksi ini tak sempurna dan ada beberapa kekurangan. Namun kelebihannya dirasa lebih banyak dan menguntungkan.

Simak juga: rekomendasi VPN terbaik

Manfaat VPN

Manfaat VPN yang pertama adalah remote access. Remote access akan membuat Anda dapat mengakses internet dengan menggunakan network kantor darimanapun berada. Yang terpenting adalah Anda tetap harus terhubung dengan internet. Kemudian, manfaat lain adalahg By Pass. Artinya, Anda bisa melewati beberapa pembatasan untuk mengakses situs.

Sebagai contoh ketika Anda ingin membuka beberapa situs yang diblokir pemerintah karena alasan tertentu. Menggunakan VPN akan membuat Anda mampu membuka situs tersebut. Di lain sisi, kelebihan VPN lainnya adalah memberikan proteksi untuk pertukaran data. Darimanapun Anda membuat akses dan meskipun Anda menggunakan wifi atau jaringan.

Di lain sisi, VPN bisa membuat lokasi realtime Anda tersembunyi. Ini berarti, orang tak akan tahu di mana Anda benar-benar berasal ketika melakukan sebuah akses. Jika ada proses pertukaran data antara nda dan web, maka data akan di enkripsi dengan baik. Orang mungkin bisa melihat apa yang dikirimkan oleh komputer, namun hanya sebatas itu.

Apakah VPN Aman?

Anda tahu bahwa di zaman sekarang ini ada beragam sistem operasi yang bisa ditemukan. Misalnya saja seperti Android, iPhone, dan sebagainya. Pertanyaannya, apakah VPN benar-benar aman untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi tersebut? Pasti banyak dari Anda yang membutuhkan jawaban untuk pertanyaan ini.

Sebenarnya, VPN aman untuk digunakan. Namun, aman atau tidaknya sebuah VPN untuk perangkat, tergantung pada jenis layanan VPN yang digunakan. Ini karena setiap provider atau penyedia layanan mempunyai kelebihan. Tingkat keamanan yang mereka miliki dan tawarkan pun biasanya berbeda antara yang satu dengan lainnya.

Keamanan VPN sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut seperti batasan teknologi yang dipunyai oleh provider VPN terkait. Jika protokol keamanannya semakin mumpuni, maka keseluruhan keamanan layanannya pun bisa dipercaya. Batasan dan kebijakan hukum sebuah negara pun dapat mempengaruhi keamanan layanan sebuah VPN.

Bahaya VPN

Sudah tentu semua VPN harus melindungi privasi data penggunanya. Namun tetap saja harus tunduk pada aturan yang ada. Misalnya jika sebuah negara membutuhkan data aktivitas Anda di internet untuk keperluan penting, maka pihak VPN harus membukanya. Biasanya beberapa negara punya semacam perjanjian internasional untuk ini.

Namun, Bahaya itu mungkin tak seberapa. Ada beberapa bahaya lain yang disebut bisa disebabkan oleh pemakaian VPN, terutama yang gratis. Bahaya tersebut seperti praktik penjualan data Anda secara illegal. Oknum VPN yang tak bertanggung jawab bisa merekam beragam data pribadi pada handphone Anda untuk dijual.

Bahaya lain yang mungkin saja Anda alami adalah banyaknya serangan malware. Kasus penipuan pun bisa Anda alami mengingat oknum tak bertanggung jawab mengetahui atau menjual data pribadi. Bahaya yang dianggap paling umum dari penggunaan VPN adalah koneksi internet yang menurun. Inilah mengapa VPN premium biasanya lebih disarankan.

Fungsi VPN di iPhone, Android, dan Komputer

Meskipun bisa digunakan di beragam platform seperti Android, iPhone, dan Windows pada komputer, pada dasarnya VPN tetap memiliki fungsi yang sama. Fungsi utama mengapa seseorang menggunakan VPN adalah untuk membuka beragam situs yang diblokir oleh pemerintah, sekolah, dan sebagainya. VPN bisa dengan mudah membukanya.

Fungsi Utama VPN adalah untuk membuat koneksi yang aman. Data yang Anda kirim atau terima pun akan dienkripsi dengan baik. Inilah yang membuat peretas akan kesulitan untuk membobol data tersebut. IP komputer, smartphone android, atau iPhone Anda pun akan disembunyikan untuk tujuan keamanan.

VPN juga akan memungkinkan Anda untuk mengakses situs terblokir atau tidak secara private. Ini artinya, pihak provider kartu yang Anda gunakan pun tak akan mengetahui sejarah browsing yang Anda lakukan. Untuk beberapa orang, fungus VPN yang satu ini benar – benar dibutuhkan dan menjadi kebutuhan utama.

Jenis VPN

Tak hanya satu, VPN ternyata memiliki beberapa jenis yang berbeda.

Yang pertama adalah VPN PPTP. PPTP adalah singkatan dari Point to Point Tunneling protocol. Jika diartikan, ini berarti protocol kanalisasi dari satu titik ke titik lain. VPN jenis ini akan menciptakan sebuah kanal dan menangkat data.

VPN ini kompatibel dengan Max, Linux, dan Windows.

kemudian ada juga yang bernama VPN situs ke situs. VPN ini juga sering dinamakan router to router. Biasanya, VPN ini lebih disarankan untuk penggunaan operasional sebuah perusahaan besar.

Ini karena mereka memiliki beberapa kantor dengan berbagai lokasi. Baik secara nasional maupun internasional.

Selain dua VPN diatas, ada pula jenis VPN lain yakni L2TP. VPN L2TP adalah singkatan dari kata layer to tunneling protocol. Sistem ini dikembangkan oleh Cisco dan Microsoft.

Jadi, VPN ini dikombinasikan secara khusus dengan protocol keamanan dari VPN yang lain. Dengan arti kata lain, L2TP ini memang lebih aman. Ada pula jenis VPN lain yang dikenal dengan nama IPSec (internet protocol security), dan lain sebagainya.

Jika ditanyakan manakah VPN yang sebaiknya Anda gunakan, hal ini sedikit sulit. Semua tergantung dengan kebutuhan. Misalnya apakah Anda menggunakan untuk keperluan study, bisnis, atau lainnya. Tanyakan pada diri sendiri seberapa seringkah Anda akan menggunakannya. Jika memutuskan menggunakan VPN berbayar, pertimbangkan budget Anda.

Rendi Supratman